Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta mengadakan diskusi Dua Forum Teater Riset pada Sabtu, 1 Oktober 2016 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki.

Presentasi Musik: BINTANG PULSAR
Flukeminimix – Farris Karamy Gibran – Ine Arini – Budi Dalton Setiawan.

Coba tutup pintu dan jendela, matikan semua peralatan elektronik dan berdiam dirilah sejenak. Tiba-tiba kita merasa semua suara menjadi lenyap dan kemudian suara berdengung aneh mulai terdengar di telinga kita. Mungkin anda pernah mengalaminya dan bertanya : Suara apakah yang barusan terdengar? Inilah fenomena yang disebut “The Earth’s Hum” atau “dengungan bumi”.

Suara itu dikenal dengan sebutan atmospheric infrasound. Memiliki frekuensi rendah untuk dapat didengar telinga manusia, di bawah 20 hertz. Ilmuwan Daniel Bowman, yang membuat peralatan rekam suara angkasa menyebut suara tersebut sebagai‘The X-Files’, karena tidak terlacak.

Pandangan lain lebih bersifat estetis, bahwa bumi, juga planet-planet lain, sama seperti burung kenari yang suka bernyanyi dengan notasi yang tidak terhitung banyaknya. Ingatlah serangga “tonggerek” dengan suara elektrik-digitalnya itu, terus berbunyi nonstop dengan frekuensi tinggi tanpa kita tahu sumber dan jumlahnya.

Pengantar ini akan membawa kita ke Pulsating Star (Bintang Pulsar), hasil penelitian Gustaff H. Iskandar tentang suara-suara di angkasa. Imaji dari hasil penelitian menghasilkan sebuah pentas kolaborasi bersama Flukeminimix, Ine Arini dan Budi Dalton Setiawan.

video by Joel Thaher