Loading Event
  • This event has passed.

DKJ (Dewan Kesenian Jakarta) dan Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerja sama dengan British Council, Japan FoundationInstitut Kesenian Jakarta, dan Sanggar O menyelenggarakan kembali Djakarta Teater Platform dengan tema Silent Mass (Massa Diam). Program ini akan berlangsung sepanjang bulan September–Oktober 2018 dengan beberapa rangkaian acara.

“Massa diam”, sebuah sharing yang ditawarkan untuk memperbesar ruang abu-abu dalam menghadapi realitas yang ekstrim. Mengenali diri kembali melalui riset-riset tentang kota, media, bentuk-bentuk performatif penciptaan teater, sebagai usaha “melumerkan” masa kini dari provokasi ketakutan menghadapi hari esok. Membawa konsep waktu yang tidak melulu linier ke konsep waktu yang melingkar. Membuka medan masa lalu yang lebih memungkinkan untuk bisa ikut menata masa depan.

Massa Diam sebagai sharing untuk kualitas kehidupan publik yang tidak mudah terprovokasi, karena memiliki pijakan masa lalu yang mata rantai kemajemukannya lebih terurai. Membawa budaya literasi dalam pandangan sejarah yang tidak tunggal. Mengenali batas-batas natur antara tubuh dengan dunia objek di sekitarnya.

Djakarta Teater Platform sebuah laboratorium bersama. Melakukan kurasi di dataran gagasan, bukan pada dataran karya. Menjaga jarak rasional antara batas dan kebebasan sebagai nilai tukar utama dalam medan produksi dan distribusi teater. Ruang belajar untuk bagaimana teater “dipertaruhkan” dalam medan politik budaya di sekitarnya. Membaca. Menulis. Mencatat. Bicara. Mendengar. Membantah. Menolak. Menerima Membatalkan Menghapus. Marilah saling mendekat di sini –sedekatnya– ciptakan “ruang antara”: bercengkrama tanpa teritori makna yang memisahkan kita. Merayakan diri dengan tantangan, mempertanyakan diri sendiri dan lingkungan. Sebuah platform untuk praktik-praktik teater mempertaruhkan nilai tukarnya antara riset, pertanyaan dan kebebasan.

Selengkapnya mengenai Agenda Jakarta Teater Platform
http://bit.ly/agendaDTP

Seluruh rangkaian acara ini gratis dan terbuka untuk umum (terbatas) dengan melakukan reservasi di tautan: http://bit.ly/dtp-dkj

Ikuti juga media sosial Djakarta Teater Platform:
Facebook Fan Pages: /dteaterplatform
Instagram: @d_teaterplatform

Leave A Comment