Dewan Kesenian Jakarta | Jakarta Arts Council

Lintas Media: < Ruang Suara > dan < Objek Bunyi >

Loading Events
This event has passed.

Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta bekerjasama dengan Pertemuan Musik Jakarta menyelenggarakan program diskusi Lintas Media <Ruang Suara> dan <Objek Bunyi> pada Kamis, 6 Oktober 2016 pukul 19.00-21.00 WIB di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki.

Narasumber: Patrick Gunawan Hartono
Moderator: Gema Swaratyagita

Program ini adalah sebuah forum yang berkelindan pada masalah: Apakah kita masih bisa mempertanyakan subtansi seni? Atau, perkembangan teknologi media membuat semua esensi yang pernah menatap dan laten dalam media, terutama seni, hanya tinggal sebagai kategori-kategori yang terbuka.

Lintas Media merupakan program Komite Teater yang dirancang untuk membuka diri terhadap praktik-praktik baru dalam kerja kesenian, membuka hubungan kerja lebih beragam, dan pandangan terhadap media seni yang tidak tunggal.

Patrick Gunawan Hartono, yang kebetulan sedang berada di Indonesia mengikuti forum musik yang diselenggarakan Komite Musik, merupakan kesempatan bagus untuk segera membujuk Patrick bisa mengisi program Lintas Media untuk publik teater.

Dalam forum ini Patrick akan melakukan presentasi di sekitar praktik-praktik musik di mana suara diperlakukan sebagai ruang dan bunyi sebagai objek. Sebuah kerja musik yang melibatkan teknologi, sains dan aplikasi D3.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

[accordian divider_line=”” class=”” id=””]
[toggle title=”Profil Pengisi Acara” open=”no”]

Patrick Gunawan Hartono
lahir di Makassar tahun 1988. Ia seorang komposer electroacoustic dan seniman intermedia. Meraih gelar sarjana dalam komposisi musik (Cum laude) dari Codarts Universitas Arts, Rotterdam. Karya-karyanya banyak menggunakan teknologi dan pendekatan ilmiah sebagai alat kreativitas. Dia juga tertarik pada spesialisasi 3-D untuk sound, analog / digital sintesis, psychoacoustic, dan musik visual. Sebagian dari karya-karyanya menggunakan suara dari alat musik tradisional Indonesia, yang dihasilkan komputer suara / gambar, rekaman lapangan, fotografi bawah air; diubah, diatur ulang, dipengaruhi oleh aturan matematika, interaksi real time, dan operasi acak yang terkontrol.

Karya-karyanya telah dipentaskan secara internasional di festival, konferensi, dan tempat seperti YCMF (Yogyakarta, Indonesia), WOCMAT (Taiwan), Sound Bridge Festival (Kuala Lumpur, Malaysia), ZKM (Karlsruhe, Jerman), IRCAM (Paris Prancis), NYCEMF (New York, USA), Sines and Square (Manchester, UK), ACL (Yokohama, Japan), Sonorities Festival (Belfast, Northern Ireland) dan lain-lain. Patrick saat ini berbasis di London dan belajar di Goldsmith, University of London, aktif terlibat dalam berbagai media electroacoustic, lokal dan Internasional, dan melakukan beberapa eksperimental.

[/toggle]
[/accordian]

Leave A Comment

Go to Top