Orkes kota hasil gagasan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Jakarta City Philharmonic, Juli ini akan menyelenggarakan konser edisi #5. Jakarta City Philharmonic (JCP) membuka audisi untuk posisi Asisten Pengaba Utama JCP. Audisi diadakan dalam dua tahap dan akan dilaksanakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Tahap pertama audisi diadakan pada Kamis, 6 Juli 2016 mulai pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat DKJ, dengan proses audisi sebagai berikut:

  1. Pengetahuan tentang karya Beethoven Simfoni No.1: Bagian Pertama
    Pada proses ini, calon audisioner melakukan sesi tanya jawab dengan Pengaba Utama JCP, Budi Utomo Prabowo, tentang karya tersebut. Meliputi posisi komposisi dan komponis dalam sejarah musik barat, dalam genre simfoni, instrumentasi, tempo, pertimbangan dan keputusan yang diambil;
  2. Mengaba karya di atas di hadapan dua pianis (empat tangan), dari awal hingga bar ke-90 maksimal;
  3. Wawancara;
  4. Audisioner akan dijelaskan tentang persiapan yang harus dilakukan apabila dipanggil kembali untuk audisi tahap kedua.
  5. Audisioner yang lolos ke tahap kedua akan dihubungi pada hari yang sama, sementara pengumuman akan dipasang di website Dewan Kesenian Jakarta keesokan harinya.

Tahap kedua audisi diadakan pada Senin, 10 Juli 2017 mulai pukul 10.00 WIB. Pada proses ini, hanya 3 (tiga) audisioner yang akan memasuki tahap ini. Proses audisi kedua ini adalah sebagai berikut:

  1. Melatih komposisi Robert Schumann: Simfoni no.4 (versi terakhir, tahun 1851): Bagian Pertama;
  2. Harap menyiapkan tiga spot berikut:
    a) Dari awal hingga huruf A
    b) Dari huruf D hingga F
    c) Dari huruf L hingga akhir bagian pertama
  3. Audisioner melatih pemain selama 15 menit di hadapan Pengaba Utama JCP;
  4. Audisioner harap hadir 30 menit sebelum audisi untuk membagikan music ke masing-masing stand partitur instrumentalis. Artinya setiap audisioner yang masuk tahap kedua harus menyediakan dan mempersiapkan sendiri bagian orkes versi masing-masing, lengkap dengan catatan tambahan yang diperlukan, mis. bowing untuk string; untuk dibagikan sendiri ke tiap musik stand instrumentalis.

Hasil audisi Asisten Pengaba Utama JCP diambil oleh anggota orkes kota Jakarta City Philharmonic yang terlibat dengan cara pengambilan suara. Keputusan tidak dapat diganggu gugat. Audisi ini gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Helda Yosiana di nomor 021-31937639 atau melalui email jakartacityphilharmonic@gmail.com.