Dewan Kesenian Jakarta | Jakarta Arts Council

Pidato Kebudayaan 2020: Lumbung Budaya di Sepanjang Gang

Loading Events
This event has passed.

Dewan Kesenian Jakarta kembali menggelar Pidato Kebudayaan #SuaraJernihDariCikini pada tahun ini. Pidato Kebudayaan merupakan program tahunan yang digelar setiap 10 November 2020 bertepatan dengan ulang tahun Taman Ismail Marzuki. Pidato Kebudayaan mengetengahkan persoalan-persoalan penting dan aktual. Membayangkan, meneropong, mengupas, dan mengkritik dengan pemikiran-pemikiran yang jernih melalui perspektif budaya.

Dalam penyelenggaraannya tahun ini, Prof. Melani Budianta Ph.D. didaulat sebagai penyaji pidato dan membawakan pidato yang bertajuk “Lumbung Budaya di Sepanjang Gang”.  Prof. Melani Budianta Ph.D. akan menuturkan cerita-cerita seputar kampung kota dan bagaimana mereka melakukan “commoning”, penciptaan ruang bersama untuk membangun hidup dari apa yang ada. ⁣⁣
⁣⁣
Sebermula adalah ketertarikan pada dunia desa, kampung rural, dan rasa frustasi atas penyekatan-penyekatan sosial akibat politik identitas di kota. Lalu, serangkaian penelitian dan penemuan adanya “lumbung budaya” di desa-desa itu. Penelitian Prof. Melani berlanjut ke kampung-kota di pinggiran dan tengah Jakarta, menangkap serta mengungkap sebuah kritik sekaligus tawaran alternatif terhadap sistem dunia yang ada. Pandemi justru semakin menegaskan kritik dan tawaran itu.

Pidato Kebudayaan 2020 akan dibuka dengan pertunjukan kolaborasi dari Komite Musik DKJ (periode 2020-2023), yang akan menampilkan karya musik apik dengan paduan musik modern dan tradisi.

Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pidato Kebudayaan “Lumbung Budaya di Sepanjang Gang” akan dilangsungkan secara Daring pada Selasa, 10 November 2020, pukul 19.30 WIB dan  disiarkan langsung di kanal YouTube Dewan Kesenian Jakarta.

 

Leave A Comment