Komite Seni Rupa DKJ bersama Institut ruangrupa kembali mengadakan Kelas Penulisan dan Kuratorial Seni Rupa. Kelas tersebut dimulai pada 31 Oktober-11 November 2016 setiap Senin-Jumat pukul 10.00-17.00 WIB di Jakarta. Para pemateri kelas pada 2016 ini adalah Ade Darmawan, Agung Hujatnikajennong, Antariksa, Asep Topan, Bambang Bujono, Farid Rakun, Hafiz, Hendro Wiyanto, Hikmat Darmawan, Martin Suryajaya, Ardi Yunanto, Leonhard Bartolomeus, Adrian Jonathan Pasaribu dan beberapa seniman dalam sesi bincang-bincang.

Pendaftaran calon peserta dibuka selama dua minggu. Hasilnya, sebanyak 65 calon peserta yang diterima panitia penyelenggara. Hal ini sungguh menggembirakan karena calon peserta naik 69% dari tahun lalu. Mereka berasal dari berbagai kota, yaitu: Jakarta, Bengkulu, Solok, Kendari, Jombang, Lampung, Yogyakarta, Palu, Lombok, Makassar, Pasuruan, Bone, Tangerang Selatan, Bandung, Padang, Surabaya, Aceh, Pinrang, Brebes, Agam, Lamongan, Bekasi, Semarang, Sukoharjo, Depok, dan Medan.

Dari 65 calon peserta tersebut, kami memilih 16 peserta. Mereka dipilih berdasarkan ide proposal, tanggapan kritis atas buku Sanento Yuliman yang berjudul “Seni Lukis Indonesia Baru”, latar belakang pendidikan atau profesional, serta persebaran daerah.

Berikut adalah nama-nama peserta terpilih Kelas Penulisan dan Kuratorial Seni Rupa:
KURATORIAL

  1. Andriew Budiman (Surabaya)
  2. Arum Tresnaningtyas Dayuputri (Bandung)
  3. Bahtera Jana Laurens Anugerah (Yogyakarta)
  4. Meteor Rosada Amang Sanjaya (Sidoarjo)
  5. Rifandi Septiawan Nugroho (Jakarta)
  6. Sarah Arifin (Yogyakarta)
  7. Titah Asmaning Winedar (Yogyakarta)
  8. Vina Puspita (Yogyakarta)

PENULISAN

  1. Aris Setyawan (Yogyakarta)
  2. Bob Edrian Triadi (Bandung)
  3. Dinda Larasati (Depok)
  4. Elok Santi Jesica (Jakarta)
  5. Hardiwan Prayoga (Sukoharjo)
  6. Hervin Saputra (Jakarta)
  7. Muhammad Darman Maheng (Kendari)
  8. Reza Mustafa (Banda Aceh)

Peserta terpilih akan dihubungi melalui telepon dan e-mail oleh Institut ruangrupa untuk persiapan keberangkatan, transportasi, dan akomodasi. Semua peserta akan berangkat dan tiba di Jakarta pada 30 Oktober, satu hari sebelum lokakarya dimulai.

Selamat kepada seluruh peserta terpilih dan selamat mengikuti kelas penulisan dan kuratorial seni rupa.