Sahabat Dewan Kesenian Jakarta yang kami hormati, berikut ini adalah pemberitahuan dari Komisi Arsip & Koleksi DKJ.

Pada periode 2021-2023 ini, Dewan Kesenian Jakarta membentuk Komisi Arsip & Koleksi, yaitu divisi yang khusus menangani pembenahan dan perencanaan strategis untuk koleksi arsip dan benda seni DKJ. Koleksi ini mencakup koleksi Arsip Seni yang berisi dokumentasi sejarah kegiatan dan pelaku seni di Jakarta sejak 1968 dalam berbagai format dan media; dan koleksi Benda Seni yang 393 karya seni rupa yang telah terkumpul dan menjadi akuisisi Dewan Kesenian Jakarta sejak lahirnya Galeri Cipta tahun 1971.

Sepanjang Oktober-Desember 2020 kemarin, Komisi Arsip & Koleksi memulai kerja pembenahan ini yang berfokus pada inventarisasi dan pemetaan koleksi arsip dan benda seni yang saat ini ditampung dalam ruang pustaka dan gudang kantor temporer DKJ di Gedung Teater Jakarta lantai tiga. Kerja pembenahan dan penataan ulang ini masih sedang berjalan dan sedang dimatangkan perencanaannya.

Uraian kerja awal pembenahan ini telah diuraikan dalam Laporan Tahunan DKJ 2020 yang bisa anda unggah di https://dkj.or.id/berita/laporan-tahunan-kegiatan-2020/

Sejak awal tahun, Komisi Arsip & Koleksi menerima sejumlah permintaan dari publik tentang fasilitasi penelitian dan provisi arsip serta koleksi benda seni untuk keperluan kegiatan eksternal.

Kami sangat menghargai apresiasi dan animo penggunaan yang luar biasa dari publik akan Arsip & Koleksi DKJ ini, namun selain karena proses pembenahan dan penataan ulang yang masih sedang berjalan, kendala lain adalah situasi pandemi Covid-19 dengan PSBB yang terus diperpanjang, sehingga membatasi aktivasi ruang kerja fisik di DKJ.

Karena itu untuk saat ini, dengan beribu maaf, fasilitasi publik untuk Arsip & Koleksi DKJ sementara belum bisa diberlakukan, baik secara daring mau pun luring.

Komisi Arsip & Koleksi tetap menerima konsultasi dan pertanyaan publik tentang Arsip & Koleksi DKJ, yang akan kami tampung untuk masukan perencanaan ke depan, dan akan kami usahakan untuk respon segera dan sebaik-baiknya. Sila kirimkan pertanyaan atau masukan anda tentang Arsip & Koleksi DKJ di form daring di bawah ini, atau ke email arsip@dkj.or.id

Kami tunggu masukan anda dan terima kasih atas dukungannya akan kerja Arsip & Koleksi DKJ!

Formulir Daring Arsip & Koleksi DKJ

    Nama

    E-mail

    Subjek

    Pesan