Spektrum 2021: Enam Perspektif Seni Rupa Kontemporer Indonesia

Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta mempersembahkan terbitan baru, Spektrum 2021: Enam Perspektif Seni Rupa Kontemporer Indonesia, yang merupakan bagian dari penyelenggaraan Jakarta Biennale 2021: ESOK.

Bagaimana seni rupa kontemporer hadir di tengah kondisi masyarakat hari ini, yang sangat terhubung lewat teknologi komunikasi sekaligus terpecah-belah karena identitas, kepercayaan, dan kelas?

Pada milenium baru, wajah seni rupa kontemporer telah menjadi begitu majemuk, baik dalam hal ragam medium maupun perspektif gagasan. Fenomena ini mengiringi percepatan teknologi dan pemanfaatan akumulasi pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu, sekaligus perkembangan sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang terkadang memprihatinkan. Kajian seni di berbagai tempat diramaikan dengan bio art, seni relasional, media baru, budaya visual, dampak globalisasi, isu gender, dan isu perubahan iklim. Bagaimana dengan seni rupa kontemporer Indonesia? Dan bagaimana seni rupa kontemporer Indonesia beradaptasi dengan pandemi Covid-19 serta keterbatasan negara dan masyarakat untuk mengendalikannya?

Pertanyaan-pertanyaan ini ditawarkan sebagai permulaan untuk membincangkan seni rupa kontemporer di tengah kompleksitas kondisi masyarakat hari ini, bersama para kurator yang aktif di ranah seni rupa tersebut, terutama sejak bermula dekade 2000 sampai 2020 kemarin.

Para penulis:  Asep Topan, Gesyada Siregar, Grace Samboh, Hendro Wiyanto, Sally Texania, dan Wulan Dirgantoro. Disunting oleh Farah Wardani dan Ninus Andarnuswari.

Bagi yang tertarik memesan versi cetak, dapat melakukan registrasi melalui form di bawah ini sambil melakukan donasi yang akan kami salurkan ke sejumlah platform bantuan sosial untuk korban pandemi Covid-19 Jakarta. Untuk sekarang pemesanan dan donasi dibuka untuk 100 pemesan pertama.

Untuk melakukan pemesanan dan mendapat informasi cara donasi silakan mendaftar melalui link form di bawah ini:

Form Pendaftaran Buku Spektrum 2021: Enam Perspektif Seni Rupa Kontemporer Indonesia

Versi e-book bisa diunduh disini:

Unduh E-book Spektrum 2021: Enam Perspektif Seni Rupa Kontemporer Indonesia