Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta dengan bangga meluncurkan buku post event Jakarta Dance Meet Up (JDMU) 2020 dengan tajuk “VS Koreografi Tari: Perbincangan Koreografi Hari ini”. JDMU merupakan salah satu program unggulan Komite Tari yang mewadahi bertemunya komunitas, sanggar, dan penggiat tari di Jakarta. Juga sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan menyoal konsep koreografi dan tari.

Kondisi Pandemi Covid-19 yang kemudian banyak membatasi ruang-ruang kreatif dan pertemuan, membuat JDMU 2020 digelar dengan konsep daring. Mengedepankan praktik kerja laboratorium, JDMU 2020 menyelinap untuk tetap menyambung nafas dan kreatifitas para koreografer muda yang terbagi dalam beberapa rangkaian kegiatan seperti; Upcoming Choreografer dan Artistic Development. Juga pertunjukan dalam Jakarta Dance Extravaganza.

Keterbatasan ruang nyatanya tidak menyurutkan kreatifitas para koreografer muda. Peralihan wahana pada akhirnya menciptakan kemungkinan dan pendekatan baru bagi dunia tari. Tidak berhenti disitu, JDMU 2020 juga berhasil menjaring koreografer muda berbakat tidak hanya dari Jakarta, juga dari beberapa kota di Indonesia, hingga Papua. Penemuan bentuk baru dan adanya kerja kolaborasi antar disiplin seni menjadikan JDMU 2020 hadir dengan keunikannya dan menjadi ‘oase’ dalam segala keterbatasan seni pertunjukan hari ini.

‘’Perkembangan dan pertumbuhan seni pertunjukan, khususnya tari, tampaknya membuat asumsi – asumsi esensialis tentang koreografi sudah tidak memadai lagi. Beragam pendekatan lintas disiplin sebagai kebutuhan jangkauan artistik seni pertunjukan adalah usaha mengangkat kompleksitas baru sosial masyarakat hari ini, sekaligus membawa perluasan dari pengertian – pengertian koreografi berdasarkan praktis artistik yang berlangsung hari ini. Pernyataan seputar koreografi tidak lagi berangkat dari kalimat ‘koreografi adalah….’, melainkan ’apa itu koreografi’. ‘’ (Akbar Yumni 2020).

Tim Penyusun Buku:
Akbar Yumni, Helly Minarti, Cecil Mariani, Ryadush Salihin, Yola Yulfianti, Saras Dewi, Siko Setianto, Josh Marcy, Aiko Senosoenoto – Editor: Akbar Yumni dan Shohifur Ridho’i

1. Peserta Meet up for Artistic Development :
Andhika Annissa, Elia Nurvista, Ferry Cahyo Nugroho, Nudiandra Sarasvati, Pingkan Polla, Serraimere Boogie, Theo Nugraha.

2. Peserta Meet up for Upcoming Choreographers:
Althea Sri Bestari, Dedi Ronald Maniakori, Florentina Windy, Frans Junias Jugganza, Leu Wijee, Razan Wirjosandjojo, M.Safrizal, Viko Andy Muhammad Indarsyah