Dewan Kesenian Jakarta | Jakarta Arts Council

Mahabharata Part 3: Kurusetra War

Loading Events
This event has passed.

Komite Teater DKJ mendukung program pentas teater Mahabharata Part 3: Kurusetra War yang diselenggarakan oleh Kelola dan Teater Garasi/Garasi Performance Institute pada 28-29 September 2016 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

Mahabharata Part 3, disutradarai oleh Hiroshi Koike, merupakan kelanjutan dari rangkaian pertunjukan Mahabharata yang menjadi salah satu bagian dari Hiroshi Koike Bridge Project (HKBP). Rangkaian pertunjukan ini dipentaskan dalam tur keliling Asia, khususnya negara-negara di mana cerita Mahabharata dikenal dan menjadi bagian dari budaya setempat.

Hiroshi Koike Bridge Project menciptakan versinya sendiri atas epos kuno India, Mahabharata, dalam 5 bagian, lalu membaginya dalam 2 bagian (bagian pertama / bagian akhir), hingga pada akhirnya seluruh kisah Mahabharata tersajikan secara utuh. Setiap produksi akan dilakukan di negara berbeda setiap tahun dan dipentaskan di seluruh dunia. Sebelumnya, proses penciptaan pertunjukan berlangsung di Kamboja (Mahabharata Part 1), India (Mahabharata Part 2), dan Jepang (Mahabharata Part 2.5).

Dalam pertunjukan ini, seperti pada rangkaian pertunjukan Mahabharata yang sudah-sudah, sutradara Koike Hiroshi asal Jepang, akan berkolaborasi dengan seniman-seniman dari berbagai Negara di Asia. Kali ini seniman-seniman tersebut adalah aktor/penari, Carlon Matobato (Filipina), Gunawan Maryanto (Indonesia), Lee Swee Keong (Malaysia), Riyo Tulus Pernando (Indonesia), Sachiko Shirai (Jepang), Sandhidea Cahyo Narpati (Indonesia), Suryo Purnomo (Indonesia), Testuro Koyano (Jepang), dan Wangi Indriya (Indonesia). Selain itu, juga ada nama-nama lain dari Indonesia seperti, desainer Lulu Lutfi Labibi untuk kostum, dan perupa Agung Kurniawan untuk artistik panggung.

Mahabharata merupakan epos kuno India asal India yang menyebar ke berbagai negara Asia termasuk Indonesia bersama bersama ajaran Hindu. Kisah ini berawal dari pertikaian antara dua keluarga bersepupu, Pandawa dan Kurawa. Waktu telah berlalu sejak dua keluarga keturunan Dewata tersebut mulai bertikai, hingga konflik yang berkepanjangan mencapai puncaknya. Raja Dhritarashtra, ayah para Kurawa sudah tidak dapat menghentikan putera-puteranya, perang sudah tak terhindarkan. Mahabharata Part 3 akan berkisah tentang perang besar Bharatayudha antara Pandawa dengan Kurawa di padang Kurusetra.

Jadwal Pertunjukan:

JAKARTA
Graha Bhakti Budaya – Taman Ismail Marzuki

28, 29 September 2016 | 19:30 WIB
HTM Rp 150.000 | Rp. 100.000 | Rp 50.000
Info & Reservasi: www.loket.com
Dewi +62 812 8245167

Leave A Comment