Teman-teman DKJ yang baik,

Dua negara produksi film Senyap, Denmark dan Indonesia, melangsungkan pemutaran perdana secara bersamaan pada hari yang sama. Dalam hati saya, Indonesia adalah negara produksi yang sesungguhnya, dan pemutaran perdana kemarin di tanah kelahirannya sendiri, adalah sebuah pemutaran terpenting di antara semua pemutaran film Jagal dan Senyap di mana pun, yang manapun.

Saya tertegun melihat baliho film Senyap terpampang di depan pusat kebudayaan di tengah kota Jakarta yang sibuk. Sesuatu yang tidak pernah kami bayangkan mungkin terjadi dalam dasawarsa ini. Dewan Kesenian Jakarta telah memungkinkan baliho itu beserta film Senyap sekaligus hadir di sana.

Kehadiran film Senyap mendapatkan penguatan yang luar biasa dalam mencapai publiknya di Indonesia berkat bantuan dan kerja keras Anda semua mewujudkan pemutaran perdana ini. Saya yakin kerja ini bukan hanya berarti dalam sehari, dalam sebuah pemutaran, tetapi berdampak luas sampai jauh meninggalkan gedung teater, dan berdampak panjang sampai bertahun ke depan.

Saya berharap suatu saat nanti kita bisa berjumpa dan berbincang panjang soal seni, film, Indonesia, ingatan, kisah, dan manusia.

Terima kasih sebesar-besarnya untuk dukungan DKJ pada film kami, dan selamat atas kesuksesan penyelenggaran pemutaran perdana film Senyap.

Salam hangat,

Joshua