Djakarta Teater Platform sebuah laboratorium bersama. Melakukan kurasi di dataran gagasan, bukan pada dataran karya. Menjaga jarak rasional antara batas dan kebebasan sebagai nilai tukar utama dalam medan produksi dan distribusi teater. Ruang belajar untuk bagaimana teater “dipertaruhkan” dalam medan politik budaya di sekitarnya. Membaca. Menulis. Mencatat. Bicara. Mendengar. Membantah. Menolak. Menerima Membatalkan Menghapus. Marilah saling mendekat di sini –sedekatnya– ciptakan “ruang antara”: bercengkrama tanpa teritori makna yang memisahkan kita. Merayakan diri dengan tantangan, mempertanyakan diri sendiri dan lingkungan. Sebuah platform untuk praktik-praktik teater mempertaruhkan nilai tukarnya antara riset, pertanyaan dan kebebasan.

Spesifikasi Agenda:

  • Lab Perunjukan: Pertunjukan berorientasi sebagai laboratorium. Jejak kerja atau jejak proses masih bisa diikuti dalam produk pertunjukan.
  • Lab Dramaturgi: Kelas dasar-dasar dramaturgi mainstream. Dibuka melalui open call. Peserta terbatas 15 orang denga dua orang fasilitator.
  • Biografi Penciptaan: Grup penampil melakukan presentasi mengenai konsep, tahapan kerja, kendala dan penawaran yang mereka pertaruhkan dalam nomor yang akan mereka pentaskan.
  • Forum Kritik Teater: Peserta lab dramaturgi wajib menonton pertunjukan. Mereka akan menjadi narasumber utama dalam forum kritik teater sebagai bagian dari lab dramaturgi.
  • Jurnalisme Pertunjukan (WEB): 15 peserta lab dramaturgi diminta menulis mengenai proses lab maupun mengenai pertunjukan. Tiga dari tulisan mereka dipilih untuk dimuat dalam web DKJ dalam kanal Djakarta Teater Platform.

Proyeksi
Mengundanga seorang dramaturg muda dari Tokyo untuk pendampingan. Dramaturg ini juga akan melakukan pentas dengan kelompoknya berdasarkan pertunjukan yang sudah ada.

Waktu dan Kuota Platform
Berlangsung sepanjang April, Mei, Juli, Agustus, September 2017. Setiap bulan tampil dua grup berututan agar terjadi pembandingan untuk pembacaan.

Tempat
Pertunjukan diadakan di ruang bawah tanah Teater Jakarta, Teater Kecil, dan Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Untuk workshop dan diskusi akan diadakan di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki.

Untuk membaca lebih lengkap mengenai Djakarta Teater Platform, sila mengunduh dokumennya di sini.