Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 2020 kembali hadir dengan Program Djakarta Teater Platform. Program ini adalah sebuah platform teater untuk bertukar gagasan, mengolah respons publik sebagai basis penciptaan, kemudian mendistribusikannya kembali dalam sebuah laboratorium bersama yang terdiri atas diskusi, lokakarya, dan pertunjukan teater.

Tahun 2020, pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia dan berdampak pada semua bidang, tidak terkecuali seni pertunjukan. Sebagai mitra pemerintah, Dewan Kesenian Jakarta turut mendukung usaha pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini. Berdasarkan kedua hal tersebut, Djakarta Teater Platform 2020 mengusung tema “Jeda.”

Pandemi memisahkan seniman dan karyanya dengan publik. Namun, momen ini memberikan waktu untuk refleksi, memperkuat jaringan, serta kerja artistik lintas bidang dan wilayah. Masa jeda ini dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar gagasan dalam berproses maupun karya yang dihasilkan dalam merespon pandemi. Untuk itu, Djakarta Teater Platform hadir sebagai ruang interaksi dengan bentuk hybrid : di ruang virtual dan on-site dengan livestreaming, untuk menawarkan mode interaksi yang baru.

Ruang Presentasi Proses Karya  melibatkan enam kelompok teater yang masing-masing akan mempresentasikan pencapaian proses penciptaan sebuah karya dengan memanfaatkan fitur dan fasilitas daring berupa rekaman video, drama audio, maupun permainan interaktif. Mengundang sejumlah pelaku seni pertunjukan dan lintas media untuk hadir sebagai penanggap karya, kami berharap program ini dapat membuka jaringan dan peluang mengatasi keterbatasan ruang, gerak, dan pertemuan kita hari ini.

Presentasi Karya Panggung Luar  merupakan ruang uji coba bentuk karya di masa pandemi. Dua kelompok teater menginisiasi sebuah proyek presentasi langsung dengan sejumlah tawaran terkait pementasan teater di ruang, media, dan protokol baru. Program ini sekaligus wujud konkret yang dapat memberikan gambaran bagaimana teater beradaptasi dengan situasi dan konteks hari ini. Melalui karya-karya tersebut diharapkan dapat memberi ruang percakapan dan rangsangan atas kemungkinan kreativitas lain dari penciptaan teater pada masa mendatang.

Seluruh rangkaian presentasi dan diskusi dapat dinikmati di kanal YouTube Dewan Kesenian Jakarta. Silakan unduh buku ini untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai seluruh konten acara.