Gubernur Provinsi Daerah Khusus

Ibukota Jakarta

Asslamu’alaikum Wr. Wb.

Seni adalah bagian dari kehidupan berbudaya Kota Jakarta. Dengan demikian penyelenggaraan Jakarta Biennale 2009 menjadi suatu tuntutan sekaligus sebagai kemilau Jakarta terhadap pengembangan seni dan budaya. Sebagai Ibukota Negara RI Jakarta sudah selayaknya mampu menentukan tatanan kehidupan berkesenian dan juga memberikan ruang sosial budaya kepada masyarakatnya.

Saya menyambut baik penyelenggaraan Jakarta Biennale 2009 ini yang menjadikan kesenian sebagai sebuah alat bantu untuk mencapai perubahan sengan melibatkan seluruh stakeholders perkotaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menggugah dan menentukan arah perkembangan kehidupan berkesenian di Indonesia pada umumnya dan Jakarta pada khususnya. Saya menilai bahwa acara ini selaras dengan upaya kita menjadikan Jakarta sebagai Kota Budaya, dan sesuai pula dengan upaya kita untuk merealisasikan tahun 2009 sebagai Tahun Industri Kreatif.

Saya mengharapkan agar event Jakarta Biennale 2009 kali ini merupakan ajang berskala internasional yang akan memberi warna tesendiri bagi masyarakat ibukota. Selain itu, event ini juga dapat dimanfaatkan sebagai forum berkreasi bagi seniman yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan budaya masyarakat kota.

Akhirnya kepada pemrakarsa dan seluruh pihak yang telah memberi kontribusi sehingga acara ini dapat berlangsung, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 27 Januari 2009

Gubernur Provinsi Daerah Khusus

Ibukota Jakarta

FAUZI BOWO