Film lahir dari proses panjang yang melibatkan banyak orang dari banyak profesi, saling membahu dan menjalankan tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Publik mungkin dapat mengenal pemain, sutradara, produser, dan penulis skenario karena jumlah penampilan mereka di media bisa dikatakan lebih sering dibandingkan profesi lain di dalam lain. Maka, selain nama-nama yang menggeluti profesi tersebut, publik juga dapat mengetahui tugas dan fungsi mereka masing-masing.

Salah satu profesi dalam proses produksi yang panjang itu adalah Manajer Produksi. Kemampuan manajerial (termasuk di dalamnya, komunikasi antardivisi) dan kalkulasi serta pengelolaan anggaran menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam manajemen produksi. Aspek-aspek inilah yang kemudian luput dari perhatian publik yang fokus kepada persoalan kreativitas dan penampilan saja.

Kineforum membuka Kelas Manajemen Produksi untuk menjadi jembatan informasi mengenai tugas dan budaya-kerja yang lazim di dalam posisi itu, dan berbagi pengalaman serta tantangan mengenai kerja-kerja Manajer Produksi dalam sebuah film. Sasarannya adalah agar publik mengetahui tidak hanya proses pembuatan film, tapi juga menyebarkan pengetahuan mengenai tugas dan pentingnya profesi Manajer Produksi dalam pembuatan film itu sendiri.

Untuk melengkapi Kelas Manajemen Produksi Film, kineforum juga menayangkan film-film di mana Tino Saroengallo terlibat di dalamnya. Penayangan film ini bertujuan untuk melihat kembali kontribusi Tino Saroengallo yang sering dikenal sebagai Manajer Produksi dalam beberapa film nasional maupun internasional. Film-film tersebut ditayangkan setiap hari Selasa sepanjang bulan September 2016, pukul 17.00 WIB dan 19.30 WIB.

Semua biaya yang didapat melalui kegiatan ini akan diberikan kepada Tino Saroengallo yang sedang menjalani perawatan dan pengobatan untuk melawan penyakit kanker yang diidapnya.

Kriteria Peserta & Mekanisme Pendaftaran: 

  1. Terbuka untuk umum.
  2. Peserta diutamakan yang pernah terlibat dalam proses produksi film atau TVC (dibuktikan dengan menyertakan CV singkat yang dilampirkan saat mengembalikan formulir pendaftaran).
  3. Mengisi formulir pada tautan daring http://bit.ly/kelasmanajemenproduksifilm
  4. Memberikan donasi sebesar Rp250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk setiap kelas yang dipilih. Peserta yang sudah mengisi formulir pada tautan daring di atas, akan mendapat petunjuk selanjutnya untuk mekanisme pembayaran.
  5. Setiap peserta akan mendapatkan 2 buah buku karya Tino Saroengallo—1 buku utama berjudul Dongeng Sebuah Produksi Film dan 1 buku tambahan, berjudul Ayah Anak Beda Warna.
  6. Kapasitas kelas dibuka hanya untuk 35 peserta/kelas.

 

Kelas Manajemen Produksi Film Fiksi
kineforum / Sabtu, 1 Oktober 2016 / 14:00 WIB

Pembicara
April Priscilla, Gita Fara, Sari Mochtan

Penanggap
Rama Adi, Sheila Timothy

 

Kelas Manajemen Produksi Film Dokumenter
Ke:Kini / Minggu, 2 Oktober 2016 / 14:00 WIB

Pembicara
Abduh Aziz, Dandhy Laksono (dalam konfirmasi), Daniel Rudi Haryanto, Lasja F Susatyo

Penanggap
Dian Herdiany, Ucu Agustin

Materi ajar

  • Deskripsi ruang lingkup kerja dan tanggung jawab
  • Studi kasus dari produksi film yang pernah dikerjakan (masalah dan penyelesaian)