Taman Ismail Marzuki sebagai pusat budaya dan seni terkemuka di Jakarta Pusat, telah ada selama lebih dari 40 tahun. Satu tempat dimana kita dapat menemukan galeri seni, bioskop, toko buku dan dua teater sekaligus.
TIM inilah yang juga menjadi rumah bagi Dewan Kesenian Jakarta, yang didirikan pada Juni 1969 semasa DKI Jakarta dipimpin Gubernur Jakarta Ali Sadikin. Dewan didirikan dengan tujuan untuk mendukung seniman lokal, yang memberikan mereka platform untuk memamerkan karya mereka dan sebagai upaya Jakarta untuk menjadi kota seni terkemuka di negeri ini.

Sejak didirikan, dewan telah bekerja untuk menciptakan dan mempertahankan sebuah masyarakat seni yang hidup di kota. Lembaga ini diisi oleh berbagai seniman terpandang yang disegani di bidangnya masing-masing – 23 pelukis yang terkenal, musisi, penari, pengamat budaya dan penulis. Anggota diangkat oleh Akademi Jakarta, sekelompok pengamat budaya dan intelektual yang meliputi tokoh-tokoh terkenal seperti penyair Goenawan Mohamad dan penulis NH Dini dan Taufik Abdullah. Para pejabat dewan melayani jangka tiga tahun dan memiliki kesempatan untuk dipilih kembali setelah masa pertama mereka.

Dewan Kesenian Jakarta memiliki enam komite yang terdiri dari – Film, Musik, Sastra, Seni Rupa, Tari dan Drama – dan dewan direksi yang dipilih dari 23 anggotanya. Meski sebagian besar anggaran didanai oleh pemerintah, dewan bersifat independen dalam menjalankan tugasnya. Tugas Dewan adalah untuk mengamati perkembangan dunia kesenian, khususnya di Jakarta selain membuat program yang menarik.

Para anggota dewan baru untuk jangka 2009-2012 terpilih pada bulan Januari lalu. Berjumpa dengan para direktur yang bertugas mendorong seniman mencipatakan karya seni terbaik dan lebih dekat dengan masyarakatnya. Mereka berbagi pandangannya di kancah seni Jakarta dan rencana mereka kedepan.

Firman Ichsan, Ketua

“Saya tidak akan membahas visi dari Dewan Kesenian Jakarta [selama] wawancara,” kata Firman Ichsan dengan tertawa. “Karena setiap lembaga memiliki visi besar – dalam kasus kami, apresiasi, dukungan dan sebagainya. Saya lebih prihatin tentang bagaimana kita dapat sampai di sana. “
Ini adalah kesempatan kedua Firman di dewan. Sebelumnya ia menjabat sebagai kepala urusan umum.

Sebagai ketua, fotografer terkenal, artis dan kurator itu diharapkan untuk menjadi wakil utama dewan untuk masyarakat luas dan orang yang memegang segala sesuatu bersama-sama.

Dia mengatakan bahwa yang dibutuhkan Dewan yaitu bekerja lebih keras dengan dukungan media yang lebih kuat. “Ini adalah sesuatu yang harus kita kerjakan,” kata dia. “Kita harus bekerja sesuai harapan masyarakat terhadap Dewan Kesenian Jakarta.” Firman menambahkan bahwa ia ingin bekerja dewan agar lebih terlihat.

“Saya tidak ingin terlalu banyak mengeluh,” katanya. “Sementara yang lain cenderung khawatir, saya lebih optimis. Alih-alih mengatakan, misalnya, “Oh tidak, mereka memotong anggaran kita hingga setengahnya dibandingkan tahun lalu, ‘saya lebih suka berpikir,” Yah, setidaknya kita masih mendapatkan beberapa. Itu sesuatu yang kita harus senang. “”

Abduh Aziz, sekretaris jenderal

Dikenal sebagai pembuat film dokumenter dan features, Abduh Aziz menjabat sebagai direktur program pada periode sebelumnya dan kini sebagai sekretaris jenderal dewan.

“saya lebih sering bekerja secara internal sekarang, mengawasi kemajuan komite kami yang berbeda,” kata Abduh.

Dia mengatakan bahwa lebih dari sekedar penyelenggaraan program seni, dewan juga memantau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan seni dan budaya. “Sekarang, misalnya, kita prihatin dengan kebebasan berekspresi, terutama dengan UU antipornografi,” katanya. “Saya harus cermat mengamati bagaimana dan jika ini mempengaruhi kita.”

Dia menyebutkan sensor film dan peraturan pajak sebagai prioritas utamanya saat ini.

“Ada undang-undang baru di bidang perpajakan, yang mencakup pemotongan pajak dan pembebasan pajak,” katanya. “Seni dan budaya, bagaimanapun, tidak termasuk [dalam] hukum. Ini tidak masuk akal. “

Abduh mengatakan dia ingin mengingatkan kewajiban pemerintah untuk mendukung seni, sesuatu yang mengatakan saat ini tidak pada tingkat minimal. Selain itu, ia menambahkan bahwa itu juga penting untuk mendapatkan dukungan publik.

“Terus terang, saya mulai agak bosan menunggu dan berharap pemerintah untuk datang,” katanya.

Eric Awuy, kepala urusan umum

Selama tiga tahun terakhir, Eric Awuy adalah kepala komite musik Dewan Kesenian Jakarta. Dia sekarang kepala urusan umum.

Lahir dari ayah Indonesia dan ibu Kanada, Eric mempelajari trompet dan musik kamar dan telah memainkan alat musik sebagai penyanyi solo dan sebagai bagian dari orkestra di seluruh dunia.

“Segala sesuatu yang lain tidak ingin menangani, dibuang ke urusan umum,” kata Eric sambil tertawa tentang posnya yang baru. “Yang termasuk dalam bagian ini diantaranya menyangkut dokumentasi, perpustakaan, publikasi dan pemasaran.”

Eric bertugas dari proyek utama pengarsipan digital. “Kami berusaha untuk memindai semua dokumen, foto dan kliping sejak tahun 1968,” katanya. “Proyek ini telah berjalan selama tiga tahun. Kami telah memiliki jutaan dokumen yang berbeda dan kami menemukan lebih banyak setiap harinya. “

“Semua anggota dewan memiliki tugas lebih kuratorial,” katanya. “Kami telah rapat setidaknya setiap dua minggu, terutama sekarang, karena kita semua masih baru dan harus beradaptasi.”

Sari Madjid, kepala administrasi dan keuangan

Sari Madjid telah melakoni dunia panggung sejak ia berusia 10 tahun. Dia menjadi anggota Teater Koma pada tahun 1978 dan telah muncul dalam hampir setiap produksi sejak. Selain menjadi aktris, dia juga telah bekerja sebagai manajer panggung beberapa kali. Seolah-olah ia tidak punya tangannya sudah penuh, ini adalah komitmen keduanaya berturut-turut untuk dewan direksi DKJ. Sebagai kepala administrasi dan keuangan, ia menganggapnya memiliki posisi yang paling penting dan menantang.

“Anggaran kami telah dibelah dua [ini] tahun,” kata Sari sebagai tantangan pertama. Penghasilan utama Dewan Kesenian Jakarta berasal dari Pemda Kota Jakarta, tetapi juga mendapatkan dukungan finansial dari beberapa yayasan dan sponsor untuk acara-acara. Meskipun ada beberapa sponsor dewan secara teratur dapat diandalkan, itu tidak selalu mudah untuk mendapatkan pelanggan baru pada papan karena mereka berpikir bahwa dewan program “seksi tidak cukup bagi mereka.”

“Masalah utama adalah bahwa kita [telah mendapatkan] dengan [uang dari pemerintah sejak 2009] pada bulan Juni,” katanya anggaran tahunan dewan. “Jadi untuk enam bulan pertama, entah bagaimana kita harus bertahan hidup. Jika kita ingin mengatur aktivitas sebelum itu, kita harus mencari dana di tempat lain. “

Dengan uang itu datang terlambat, banyak program dewan yang berlangsung pada semester kedua tahun ini. Ini menyajikan masalah lain karena jadwal yang ketat.

“Jadi apa yang akan kita lakukan adalah untuk mengatur aktivitas yang lebih kecil pertama dan berharap bahwa uang yang datang tepat waktu,” kata Sari. “Tapi kami selalu tetap optimis.”

Dewi Noviami, direktur program

Dewi Noviami adalah tambahan terbaru diantara para anggota dewan direksi. Latar belakangnya di teater serta bahasa Jerman dan sastra, di samping pengalamannya selama tujuh tahun bekerja di Goethe-Institut.

“Tugas saya adalah memastikan bahwa program-program dari setiap komite akan berjalan lancar,” kata Novi.

Dia mengatakan bahwa setiap bentuk seni itu memiliki masing-masing pendukung setianya. “Yang paling hidup saat ini adalah film dan seni rupa,” katanya. “Industri ini cukup kuat.” Sastra juga memiliki aliran yang pendukung. Hal ini tidak terjadi untuk teater, meskipun sempat sangat populer pada 1980-an.

Novi mengatakan bahwa salah satu tujuan utama-nya untuk membuat setiap bentuk seni lebih terlihat serta diakses. “Ada banyak kelompok tari di Jakarta,” katanya. “Kami telah tango, hip-hop, capoeira, tetapi di mana mereka? Saya ingin membawa mereka semua bersama-sama entah bagaimana, menempatkan pada sebuah peristiwa sehingga orang benar-benar dapat melihat bahwa mereka ada dan melihat apa yang mereka lakukan. “

Sementara ia masih dalam proses menyesuaikan diri dengan pekerjaan barunya, dia telah mengidentifikasi beberapa isu yang sekiranya akan ia garap bersama DKJ. Menurut dia, banyak tempat di Jakarta yang dapat berfungsi sebagai titik temu tidak dimanfaatkan optimal. Masalah lainnya yang dianggap dekat yaitu soal pengelolaan Kota Tua Jakarta.

“Pusat kota sekarang adalah sekitar Jalan Thamrin dan Sudirman,” kata Novi. “Dan tidak benar-benar sebuah tempat di mana orang-orang yang sepenuhnya dapat berinteraksi atau merasa seperti mereka benar-benar bagian dari kota ini.” (Katrin Figge, The Jakarta Globe)