Inisiatif menyelenggarakan program ini –yang dulu dikenal dengan Sayembara Naskah Lakon– berangkat dari kebutuhan yang berkaitan dengan kerja teater. Besarnya inspirasi dari teks-teks sastra juga pemikiran baik karya penulis Indonesia maupun dunia membuahkan kerja penciptaan panggung yang kaya, sebut saja keterpengaruhan teks-teks absurd Beckett dalam karya Arifin C Noer hingga karya klasik seperti Shakespeare dalam Bengkel Teater.

Dalam perkembangannya, teater mengalami perubahan dan penyesuaian dengan lingkungan di mana ia berada. Pendekatan tekstual dan naratif tak lagi cukup untuk mewadahi ekspresi kreatif dan pemikiran dari pelaku teater terutama karena munculnya sejumlah masalah yang perlu pendekatan praktis lain.

Program ini sebelumnya dikaitkan langsung dengan Festival Teater Remaja untuk memberi ruang naskah “diujicobakan” melalui pentas dengan pandangan teks hadir di awal sebagai basis bentuk pemanggungan. Kini kami melihat bahwa hubungan naskah dan pentas teater tak hanya berfungsi sebagai petunjuk pemanggungan atau dialog bagi pemain tapi juga sebuah dokumentasi gagasan tentang tawaran, pandangan, dan teknik dalam berteater yang tak jarang muncul secara simultan dengan proses ketubuhan atau bahkan diakhir dari pencarian bentuk panggungnya.

Kami melihat pentingnya menjadikan sayembara ini terhubung dengan kerja-kerja penciptaan teater yang berkembang di luar sana dan kebutuhannya, sehingga kami membuka kesempatan bagi naskah-naskah teater dengan berbagai bentuk dan tawaran baru maupun yang konvesional dengan cara pandang kritis. Adapun demikian kami membatasi naskah yang diterima dalam bentuk teks.

Syarat dan Ketentuan

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan mengirimkan identitas diri/ tanda pengenal pada kolom tautan daring.
  2. Mengisi formulir pada tautan daring
    https://bit.ly/SayembaraNaskahTeater2022
  3. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya naskah.
  4. Tidak perlu membubuhkan nama penulis di dalam naskah. Biodata ditulis di lembar terpisah.
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik. (bahwa tidak menutup kemungkinan penulis menyertakan gambar-gambar/catatan kaki untuk menegaskan/menguatkan narasi dalam teks naskah).
  6. Naskah menawarkan kebaruan bertutur, bentuk maupun pendekatan atas suatu isu.
  7. Tema naskah bebas.
  8. Naskah adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan. (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai keorisinilitasan karya)
  9. Panjang naskah maksimal 50 halaman A4 (ketik 1,5 spasi, font size 12, jenis font times new roman, margins 3 cm). Tidak ada batas minimal. Dikirim secara daring melalui tautan https://bit.ly/SayembaraNaskahTeater2022 dan luring sebanyak 6 rangkap/ bundel ke panitia Sayembara Naskah Teater DKJ dengan alamat: Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki. Jl. Cikini Raya No.73, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. 10330. Tlp. Hikmah 0838-7708-6927 Roby 0822-4191-6743
  10. Kelengkapan Lampiran Pengiriman Naskah:
    – Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Sayembara Naskah Teater
    – Surat Pernyataan Orisinalitas Karya
    – Biodata Peserta
    -Fotocopy/Scan KTP/KTM/KTS/Paspor (Kartu Tanda Penduduk/ Kartu Tanda Mahasiswa/ Kartu Tanda Siswa) Fotocopy/Scan NPWP
  11. Seluruh informasi dan data petunjuk teknis dapat di akses melalui laman DKJ
  12. Dewan Juri Sayembara Naskah Teater 2022 akan menentukan 9 pemenang yang terbagi dalam 3 kategori.
    Naskah Terbaik (3 pemenang)
    Naskah Istimewa (3 pemenang)
    Naskah Potensial (3 pemenang)
  13. Jumlah Hadiah:
    Pemenang Naskah Terbaik mendapat hadiah sebesar Rp. 15 Juta/orang.
    Pemenang Naskah Istimewa mendapat hadiah sebesar Rp. 12 Juta/orang.
    Pemenang Naskah Potensial mendapat hadiah sebesar Rp. 10 Juta/orang.
  14. Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.
  15. Kategori Pemenang:
    – Naskah Terbaik adalah naskah yang memiliki pencapaian artistik dengan mutu yang tinggi.
    – Naskah Istimewa adalah naskah yang masih memiliki kekurangan dalam unsur artistik tetapi memiliki keistimewaan dalam pemilihan isu atau penggarapan unsur lain dalam naskah.
    – Naskah Potensial adalah naskah yang memiliki peluang untuk dikembangkan dan diolah lagi.
  16. Sayembara Naskah Teater ini tertutup bagi anggota DKJ Periode 2020-2023 dan keluarga inti Dewan Juri.
  17. Naskah yang diikutkan tidak sedang atau pernah mengikuti sayembara atau program sejenis, atau dipublikasikan dalam bentuk buku.
  18. Ketentuan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Unduh Petunjuk Teknis Sayembara Naskah Drama DKJ 2022